Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

Kamis, 07 Februari 2013

Explore Keindahan Sumatera Barat Hari ke 2

Day 1: Here

Lanjut ceritanya kakak...

OMG.. Ternyata Bukit Tinggi itu dingin juga yahh namanya juga dibukit ,tinggi lagi -_-", serasa pulang kampung ke Kotamobagu. Untung malemnya gak gitu berasa dinginnya, secara kita orang tidur ber-4 dalam satu ranjang. Jadi angett ... heheh..

Hari ke dua ini termasuk hari dimana kami banyak leyeh-leyeh nya, maklum hari jum'at. Jadi rasanya hari jadi pendek.

Berniat sarapan dulu sebelum berangkat jalan, kami diarahkan sama Oma di Guest House untuk pergi ke salah satu tempat makan. Dan ternyata tempat makan itu ownernya masih sama dengan Hello GH. Ketemu dah sama Ling yang sedang sigap melayani pengunjungnya. Saya sarapan bubur yang beda dengan bubur di Jakarta, seporsinya Rp.12,000.- tapi porsinya besar jadi mayan ngenyangin lah yah..


Plang Depan Tempat Makan si Ling


Bubur  Ayam. Simple tapi Yummy
Perut sudah terisi, berarti siap memulai petualangan! Halahh bahasanya.. :p


Sebut saja dia, Mawar :p
Sehari sebelumnya udah sempat ke Ngarai Sianok tapi trus hujan, jadinya pagi itu kami datang lagi. Karena selain view lembah dari Taman Panorama yang keren; disana juga terdapat Lobang Jepang yang penuh sejarah. Dan buat teman-teman yang mau berkunjung kesana, ada baiknya berhati-hati yah, walaupun monyet nya gak sebanyak yang di Uluwatu tapi ada yang iseng gitu.. hehe.. Nah tapi kemarin itu lucu, jadi ada monyet yang malah pose minta difoto, tak lupa dia menutup yang harus ditutup, takut kena UU Pornografi katanya..buakakakaka.. 

Satu lagi, jangan sotoy waktu di Taman Panorama ini. Kalau emang gak  tau jalan silahkan bertanya. Soale kita orang kemarin sempat salah jalan, saking keasikan berburu souvenir ehh.. Malah ikutan jalan yang salah, sebenernya yang kita kesasar itu ada pintu masuk nya ke Lobang Jepang tapi ditutup. Jadinya lah kita balik lagi, naik tangga yang mayan tinggi. Fiiuhhh.. Semoga kalori yang terbakar sesuai harapan. Sama-sama katakan. Aminnnn..


Lobang Jepang, Bukit Tinggi
Masuk ke Lobang Jepang ini sejujurnya membuat saya ngeri sendiri, ngeri membayangkan betapa dulu Jepang menindas rakyat kita sebegitu rupa. Kebayang gak sih dengan lobang sepanjang dan sedalam itu dikerjakan secara manual lhooo. Berapa banyak rakyat Indonesia yang dijadikan budak kala itu? Disiksa, dianiayai, dikuras tenaga nya, dan tidak sedikit yang akhirnya mati dengan tidak layak Sekarang kalo gue ngeluh tentang beratnya beban hidup yang gue alami, gue rasa tidak seberat apa yang mereka alami dulu. Gue mengalami masalah tapi tidak sampai berdarah, menderita secara fisik mental dan jiwa. Puji Tuhan banget bisa hidup di jaman ini dan di negara Indonesia ini. 

Gue jadi ingat kata Opa Oma gue dulu, Belanda menjajah Indonesia 350 tahun tapi tak semenderita ketika di jajah Jepang yang hanya 3,5 tahun itu. Fiuhhh.. Gak sanggung ngebayangin separah apa..

Dari berkunjung ke Lobang Jepang ini juga gue jadi tau kalo ternyata di Bukit Tinggi itu ada aturan yang melarang pembangunan gedung lebih dari 8 lantai. Karena ditemukan banyak Lobang bawah tanah ,jadi takut ambruk bangunannya. 


Itiak Lado Hijau.
Keluar dari Lobang Jepang kami diberitahu kalau kuliner khas yang terkenal yakni Itiak Lado Hijau tempatnya dekat. Langsung meluncur tekape gak pake lama.. Ya ampun, tempatnya ajib banget dah. Emang sih, liburan di SumBar ini view nya bikin ketagihan. Apalagi tempatnya  lesehan gitu, trus pemandangan ngarai yang indah. Jadi betah deh kami berlama-lama. Dannn.. Berhubung saya gak makan itiak alias itik alias bebek, jadinya gue cuman bisa menatap mereka makan dengan lahapnya.. poor me..


Kami sempat menghabiskan banyak waktu disini karena nunggu si Fendri sama sopir, Pak Hafiz jumatan. Gue sampe mencoba tidur, abis suasananya enak banget. Jadi gak bosen.

Next destination: Payakumbuh!!!

Ehh.. Ada yang pernah ke Maros sama Lembah Harau Payakumbuh gak?

Sadar gak kalo tempat ini ada kemiripannya?

Gue sadar pas mobil masuk ke area persawahan yang ada bebukitan tinggi menjulang. Sangat mirip dengan yang di Maros. Apalagi pas gue ma yang lain pada mampir ke toilet sempet liat beberapa kupu-kupu dengan warna yang cantik. Tapi sayang, pas kita nyampe kesana air terjunnya kering, jadi cuman kek tebing yang disirem air. Hikssss.. ehh.. Tapi lagii.. hehe.. Kita liat siamang doong, buat gue sih itu pertama kalinya makanya gue sangat excited. Dia main dipohon gitu sambil makan sesuatu, gak keliatan apaan. Tapi penasaran, dia emang cuman sendirian apa ada temennya gak yah disekitar situ? Kan kesian kalo cuman sendirian aja :(

Karena udah kehabisan tenaga dari Ngarai Sianok, gue dan beberapa teman gak naik untuk liat view. Lahh wong dari bawah aja view nya dah keren kok :D

Bener-bener indah deh Lembah Harau ini, kalau kalian kesana dan punya budget lebih mending skaligus nyobain main paralayang deh. Sayang kita orang pada gak sempet, kalo gue sih emang karena gak sediain dananya..hehee..


Airnya dikit banget


Lembah Harau
Lihatlah betapa eloknya kekayaan alam Indonesia, masih gak mau explore Indonesia? T.E.R.L.A.L.U!!!

Lumayan lama deh berhenti di sini untuk foto-foto, sampe diliatin orang, berasa turis banget deh.

Dari Payakumbuh langsung balik lagi ke Bukit Tinggi, sayang sekali pas balik Istana Bung Hatta udah tutup..huaaa.. Padahal pengen banget liat dalamnya.. apa boleh buat.. Jadinya nge-Mall deh.. ehh.. gak deh.. numpang pipis doang..haha..

Yahh. Untuk menghibur hati jadi foto-foto di depannya Istana sama Jam Gadang aja dehh.. :D Nikmati sore sambil ngeliat Uni-uni yang cantik, Udanyaaa manaaaa...huhuu...


Istana Bung Hatta
Jam Gadang, Bukit Tinggi
Belum lengkap ke Bukit Tinggi kalo belum nyobain nasi kapau, sebenernya sih Nasi Kapau yang khas itu ada didalam pasar dan itu harus pagi. Berhubung udah malem jadinya ke tempat lain dehh.. Namanya Nasi Kapau Uni Cah, malem itu puasa dulu makan rendang, lagi tertarik sama ayam goreng..


Nasi Kapau Uni Cah

Pengeluaran Hari Ke-Dua
Bubur Ayam: Rp. 12,000.-
Ngarai Sianok: Rp. 3,000.-
Makan Itiak: Rp. 50,000.-
Lembah Harau: Rp. 5,000.-
Mie Goreng di Lembah Harau: Rp. 8,000.-
Nasi Kapau: Rp. 28,000.-

Total Day 2: Rp. 106,000.-



7 komentar:

  1. nice story. bikin ngiler ke sini. Tahun ini sudah planning kesana. Sempat ke Sawahlunto...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh.. ada komen ternyata.. Thanks Pak, jadi semangat nulis. :D Memang wajib ke SumBar, iya kami ke Sawahlunto. Nginep disana hari ke 3, nanti di lanjutin cerita hari ke-3 nya.. :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. Itiak alias itik alias bebeknya enak kata temen2.. Poor me gak suka :p

      Hapus
  3. waahh....sumatera barat...
    pernah rencana kesitu malah gagal...
    apalagi lembah harau itu... bkin mupeng..
    .
    mampir juga ya kak
    ghozaliq.wordpress.com
    salam celoteh backpacker :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi... Thanks udah mampir ;D

      Harus banget neh kesini.. Sempatkan lah, mumpung udah banyak tix promo.

      Ok dokeh, nanti mampir blog mu.

      Salam Celoteh Backpacker jua. :)

      Hapus
  4. mantap kk,
    minta izin backlink dan share nya.
    http://sumateraonline.com/forum/topic/14

    BalasHapus